PTK 028 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA KELAS IV SD NEGERI......................

Selasa, 27 Maret 2012

print this page Cetak

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sasaran pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah adalah keterampilan berbahasa siswa baik lisan maupun tertulis. Keterampilan berbahasa yang dimaksud mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut ,keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling sulit dikuasai siswa dibandingkan tiga keterampilan berbahasa lainnya. Oleh karena itu di dalam pembelajaran keterampilan menulis guru harus mampu menggunakan pendekatan, metode dan teknik serta strategi tertentu yang tepat atau sesuai agar pembelajaran betul-betul efektif.
Banyak siswa yang belum mampu menulis dengan baik dan benar mengindikasikan bahwa pembelajaran keterampilan menulis di sekolah juga kurang berhasil kalau tidak mau dikatakan gagal. Hal ini dikarenakan banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan menulis, antara lain, faktor dari guru dan faktor dari siswa. Faktor dari guru ada kecenderungan guru dalam proses belajar mengajar (PBM) hanya memberikan pembelajaran ketrampilan menulis secara teoretis, kurang pada praktik. Kalaupun memberikan kegiatan praktik menulis, guru hanya mengevaluasi hasil ketrampilan menulis siswa tetapi tidak pada pembahasan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis Kaitannya dengan pembelajaran keterampilan menulis. Syamsi (2000) menandai bahwa pembelajaran menulis masih dilakukan secara tradisional menekankan pada hasil bukan pada proses yang semestinya dilakukan oleh siswa. Pendapat ini sama dengan yang dikatakan Zuchdi (1996) bahwa pendekatan tradisional dalam pembelajaran menulis ditekankan pada hasil tulisan yang telah jadi tidak pada proses murid ketika menulis. Faktor dari siswa mencakup motivasi yang rendah kemampuan yang hanya rata -rata dan keengganan menulis.
Keadaan siswa yang demikian dengan model pembelajaran dimana guru kurang inovatif, kreatif menjadikan beban yang memberatkan bagi murid. Hal ini berakibat keterampilan menulis siswa rendah.

B.          Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas perumusan masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
Apakah penerapan menulis cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan gambar seri pada Kelas IV SD Negeri XXX Kecamatan XXX akan meningkatk an keterampilan menulis siswa?

C.         Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.           Meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dari yang kurang menarik menjadi pembelajaran yang menyenangkan.
2.           Meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui menulis cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan gambar seri.


Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download bab selanjutnya.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

Oleh : Nur Salim, S.Pd dan Mulyono, S.Pd. Diberdayakan oleh Blogger.