PTK 029 PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA ELEKTROMAGNET SISWA KELAS V SDN............

Selasa, 27 Maret 2012

print this page Cetak

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam Undang- Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rokhani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan". Berdasarkan tujuan tersebut maka setiap pembelajaran diharapkan semua siswa dapat menguasai ilmu yang dipelajari dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari -hari.
Berbagai usaha pembaharuan kurikulum, perbaikan sistem pengajaran, peningkatan kualitas kemampuan guru, dan lain sebagainya, merupakan suatu upaya ke arah peningkatan mutu pembelajaran. Banyak hal yang dapat ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah bagaimana cara menciptakan suasana belajar yang baik, mengetahui kebiasaan dan kesenangan belajar siswa agar siswa bergairah dan berkembang sepenuhnya selama proses belajar berlangsung. Untuk itu seharusnya guru mencari informasi tentang kondisi mana yang dapat meningkatkan pembelajara di sekolah dasar.
Kurikulum KTSP yang diberlakukan secara menyeluruh di Indonesia pada pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada pendidikan berbasis kompetensi, diharapkan semua siswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya sesuai dengan standar yang tetapkan dengan mengintegrasikan life skill yang dimilikinya.Mengacu pada Standar isi Kurikulum KTSP yang dijabarkan dalam Silabus, termasuk didalamnya pelajaran IPA, dengan tujuan akhir yang ingin dicapai, agar siswa bisa menguasai ilmu pengetahuan dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari­hari.Dalam kegiatan pembelajaran tugas guru sangat komplek sekali, seperti disampaikan Dewi Salma P.(2000:2) tentang paradigma pembelajaran bahwa peran guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik, fasilitator yang membantu siswa dalam belajar. Mengacu dengan pendapat tersebut maka guru berperan utama dalam memilih sumber belajar serta media yang digunakan dalm proses pembelajaran. Maka pembelajaran yang tanpa alat peraga akan sulit mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan atau kurang bermakna.
Kondisi seperti itu terjadi di kelas V SD Negeri XXXX, yakni dalam pembelajaran IPA dengan tema membuat magnet dengan cara elektromagnet siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep membuat elektromagnet, sehingga pada akhir pembelajaran hasil pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri XXXX kecamatan XXXX Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dengan tema pembuatan elektromagnet banyak terjadi permsalahan diantaranya:
1.         Siswa dalam akhir pembelajaran mendapat nilai tidak sesuai yang d iharapkan.
2.         Siswa tidak ada motivasi dan kreatifitas dalam belajar.
3.         Siswa kesulitan memahai konsep tentang elektromagnet
Dari masalah-masalah tersebut diatas peneliti dapat menganalisis permasalahan tersebut sebagai berikut:
1.         Penggunaan alat peraga pembelajaran kurang tepat sehingga anak tidak termotivasi.
2.         Prestasi belajar yang masih rendah pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan elektromagnetik.
Penulis sudah berusaha menggunakan media gambar dalam rangka merangsang fikiran siswa untuk berfikir untuk untuk mengapresiasikan apa yang ada dalam gambar kedalam bentuk kalimat. Namun demikian gairah belajar siswa belum bisa termotivasi. Kegiatan belajar siswa masih didominasi oleh siswa yang cepat dalam belajar saja. Siswa yang lambat dalam belajar hanya selalu menunggu dari kreativitas anak-anak yang cepat dalam belajar . Kondisi pembelajaran yang demikian akhirnya masih banyak siswa yang hasil pembelajarannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, hanya 55% dari jumlah
siswa yang tuntas dalam belajarnya. Oleh karena itu penulis mencoba menambah media gambar dengan media el ektromagnet, di harapkan penggunaan media gambar dan elektromagnet dalam pembelajaran IPA pokok bahasan elektromagnet, pemahaman siswa terhadap konsep tersebut dapat men ingkat.
Berdasarkan uraian diatas maka, dalam melaksanakan tugas perbaikan pembelajaran di sekolah peneliti mengambil judul Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Melalui Penggunaan Alat Peraga Elektromagnet Kelas V Sdn XXXX Kecamatan XXXX Kabupaten XXXX Tahun Pelajaran 2009 / 2010.

B. Rumusan Masalah
Dari Identifikasi masalah yang telah diuraikan didepan , dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.        Bagaimanapenggunaan alat peraga elektromagnet dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri XXXX dalam pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2009 / 2010 ?
2.        Apakah penggunaan alat peraga elektromagnet dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri XXXX Tahun Pelajaran 2009 / 2010?


Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download bab selanjutnya.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

jaelani, S.Pd mengatakan...

Mas... tlng kirimkan atau tampilkan PTK 029 ini selengkapnya.... sebgai bahan perbandingan di sekolah kami atau krim ke e-mail (jaykelik@yahoo.com) Makasih atas bantuannya...SmGa bermanfaat.

Poskan Komentar

Oleh : Nur Salim, S.Pd dan Mulyono, S.Pd. Diberdayakan oleh Blogger.