PTK 027 PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERPANGKATAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE-A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD..................

Selasa, 27 Maret 2012

print this page Cetak

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Agar tercipta manusia yang cerdas dan maju diperlukan peningkatan mutu pendidikan.
Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru, karena guru sebagai ujung tombak kegiatan pendidikan. Proses pembelajaran akan optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19) Proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi, dan program tidak lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak lepas dari evaluasi.
Pelajaran metematika merupakan pelajaran yang kurang diminati siswa, karena dianggap sebagai pelajaran p aling sulit. Hal ini menyebabkan timbul berbagai masalah baik bagi guru maupun orang tua siswa. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai.
Guru belum menyadari beberapa hal dalam mengajar matematika seperti :
1.        Guru kurang memahami bahwa kecepatan berpikir siswa berbeda -beda.
2.        Guru sering menyampaikan konsep kurang memikirkan pola pikir siswa.
3.        Guru kurang memahami bahwa pola berpikir siswa SD bersifat konkrit menuju bersifat abstrak.
Agar tercapai tujuan yang diinginkan guru harus memikirkan cara penyampaian materi secara efektif agar mudah diterima siswa secara nyata yaitu dengan menggunakan alat peraga yang sesuai, metode yang bervariasi serta evaluasi yang tepat.
Penguasaan materi pelajaran matematika dengan kompetensi dasar menghitung perpangkatan di Kelas IV SD Negeri ................ Kecamatan ...................., Kabupaten ............. pada tahun pelajaran 20..../20..... dengan daya serap 5,5 karena hanya 18 dari 30 siswa yang telah memenuhi Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) yaitu 6,0
Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa SD mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi menghitung perpangkatan. Masalah tersebut dapat mengganggu dan menghambat siswa untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Untuk meningkatkan motivasi dan pe nguasaan siswa pada materi, penulis melakukan perbaikan pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode make a match.
Laporan ini dibuat berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan, selama pelaksanaan, observasi dan diskusi dengan teman sejawat dan supervisor. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus pada mata pelajaran matematika Kelas IV ini.

B.     RUMUSAN MASALAH
Apakah penerapan metode makeamatch dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi perpangkatan pada siswa Kelas IV SD N ....................?


C.  TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung perpangkatan dengan penerapan metode Make-A Match pada siswa Kelas IV SDN Kecamatan ................, Kecamatan ..........................., dengan diindikasi meningkatnya nilai ulangan harian menjadi rata -rata minimal 6,0

D. MANFAAT PENELITIAN
1.    Bagi Siswa
a.         Meningkatnya hasil belajar matematika menghitung perpangkatan.
b.        Membangkitkan minat belajar siswa.
c.         Melatih berfikir kritis.
2.    Bagi Guru
a.         Menciptakan lingkungan belajar yang aktif.
b.        Meningkatkan kinerja guru dalam pros es belajar mengajar.
3.    Bagi sekolah
a.         Untuk memberi gambaran tentang kompetensi guru dalam mengajar.
b.        Meningkatkan prestasi belajar matematika.


Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download bab selanjutnya.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

Oleh : Nur Salim, S.Pd dan Mulyono, S.Pd. Diberdayakan oleh Blogger.