PTK 014 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ……………..

Selasa, 27 Maret 2012

print this page Cetak

BAB   I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Seseorang yang selalu membaca diwaktu luang adalah ciri orang yang minat bacanya tinggi. Dengan membaca, anak akan merasa betapa banyak fenomena alam maupun lingkungan sosial yang belum mereka ketahui.(genta,1998)
Begitu juga dengan menulis, adalah merupakan kegiatan yang mudah, hanya membutuhkan pensil dan secarik kertas. Namun tulisan yang baik memerlukan ketrampilan dan kebiasaan yang terasah dari bakat yang ada pada diri sendiri.(genta,1998)
Berbagai cara yang pernah dilaksanakan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa pada siswa tidaklah sedikit. Antara lain memberi tugas di rumah (PR) dalam bentuk portofolio maupun bentuk tugas proyek lainnya. Namun hal itu ternyata masih kurang dapat meningkatkan bakat maupun minat pada siswa didik untuk gemar membaca dan menulis. 
Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi, awal dimulainya kurikulum yang  menitikberatkan pada peningkatan dan pengembangan terhadap kemampuan bakat siswa, setiap individu dalam diri siswa pasti ada kelebihan, yang mana hal tersebut merupakan bakat yang harus diasah, sehingga bakat tersebut menjadi sesuatu yang menjadi nilai lebih dalam diri siswa. Karena pembelajaran belumlah maksimal apabila siswa belum dapat berkembang kemampuan bakat dan kreativitasnya.
Ketrampilan menulis siswa berkaitan erat dengan kegiatan membaca. Faktor yang mampu mendorong Minat Baca antara lain : 1) Rasa ingin tahu atas fakta, teori, prinsip, pengetahuan, informasi dan lainnya. 2) Fasilitas yang memadai. 3) Terciptanya situasi yang kondusif . 4) Membaca adalah suatu kebutuhan.
Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis ingin memberikan masukan tentang Eksplorasi Pustaka sebagai wadah pengembangan bidang  kebahasaan dan kesastraan. Dengan menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada di sekolah, siswa dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, dengan begitu siswa telah melakukan pembelajaran eksplorasi terhadap  lingkungannya.
Mengapa Eksplorasi Pustaka menjadi pilihan? Pertanyaan tersebut muncul ketika guru mengalami kendala dalam menyampaikan pembelajaran mengarang(menulis cerita) maupun menulis sinopsis yang sering menjadi bahan untuk lomba. Melihat hasil penulisan siswa dalam bercerita atau membuat sinopsis, sangat banyak siswa yang menulis asal jadi saja, padahal kita sebagai guru telah menyampaikan cara-cara menulis sebuah cerita dengan  harapan siswa bisa menulis dengan lebih baik.
Beberapa Kegiatan Eksplorasi Pustaka yang menjadi bahan pertimbangan, meliputi :
1.      Siswa mengetahui beberapa bagian penting didalam perpustakaan, antara lain ruang baca, tempat menyimpan buku, dan daftar katalog buku juga harus memiliki kartu anggota perpustakaan.
2.      Siswa membaca cerita dari berbagai jenis buku sesuai yang diminatinya, lalu membuat ringkasan cerita dalam bentuk karangan baru maupun sinopsis.
3.      Siswa mencari referensi bacaan sebagai bahan dalam membantu menyelesaikan kesulitan belajar.
4.      Siswa menjadikan perpustakaan sebagai nara sumber selain guru.
5.      Siswa menjadi bagian dalam perpustakaan, yaitu siswa dilibatkan sebagai petugas perpustakaan secara bergilir. Sehingga siswa akan merasa memiliki dan akan sepenuh hati merawat kelestarian perpustakaan tersebut.
Beberapa kelebihan Perpustakaan antara lain:
1.      Mudah didapat, karena biasanya setiap sekolah memiliki perpustakaan. Minimal mempunyai beberapa buku pelajaran yang dari tahun ke tahun dapat menjadi bahan bacaan tambahan bagi siswa.
2.      Selain itu perpustakaan mudah dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini siswa bisa meminjam untuk dibaca di tempat perpustakaan tersebut     maupun dipinjam untuk dibaca dirumah.
3.      Perpustakaan sekolah itu murah. Mengapa? Karena perpustakaan memang disediakan untuk semua anggota di dalam sekolah tersebut secara gratis. Dalam hal ini siswa sebagai anggota sekolah tidak perlu membayar ketika meminjam buku. Tetapi mungkin ada Sekolah yang mengharuskan si peminjam buku membayar buku yang dipinjam dan dibawa pulang, tapi penulis yakin biayanya murah dan dapat dijangkau oleh uang saku siswa setiap hari.




Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download bab selanjutnya.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

Oleh : Nur Salim, S.Pd dan Mulyono, S.Pd. Diberdayakan oleh Blogger.